Untuk apa hidup ini?

Leave a comment

May 21, 2016 by Kanin's thought

Assalammualaykum, guys.

Pernah ga sih kalian kepikiran “untuk apa aku di ciptakan di dunia ini?” Dan bahkan setelah bertahun-tahun kita hidup tetap saja kita tetap memikirkan hal tersebut.
Eh… semua pertanyaan akan ada jawaban di dunia ini, baik langsung maupun tidak langsung. Untuk pertanyaan diatas, aku juga sering banget bertanya-tanya “untuk apa aku ada di dunia ini? Rasanya ada atau tidak ada aku, tidaklah berarti.”

Ternyata, memang aku yang tidak pandai. Aku yang kurang bersyukur, tentu diciptakan sebagai manusia sebagai makhluk sempurna seharusnya merasa bersyukur akan nikmat Allah selama ini.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ternyata sudah ada di dalam AlQuran surat Adz Dzariyat ayat 56.
“…Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku…”

Oh… jadi kita tidak hidup lantas hidup saja tanpa melakukan apa-apa di dunia ini,

“Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?” (QS. Al Qiyamah: 36).

Jadi kita harus ibadah. Sudah taukan pasti ibadah itu apa saja? So, guys… karena Allah sudah dengan gamblangnya berfirman di dalam AlQuran, apalagi yang kita harapkan untuk dunia ini kalau kita tidak beribadah kepadaNya?
Guys, Allah tidak membutuhkan kita. Malah kita yang membutuhkan Allah. Untuk tetap memberikan kita kehidupan, rezeki, kenikmatan. Lantas apa yang akan kita berikan kepada Allah ta’ala? Apakah beribadah akan seberat itu apabila kita mencintai Allah.

Bahkan nih… kalau kita lagi naksir orang aja, apa aja dibelain. Dikasih perhatian dikit aja udah happy banget, karna kita happy kita makin cinta, lalu apa aja pasti dikasih kan ya? Aku ga nyamain ini sama Allah. Jelas… Allah akan memberi semua yang kita butuhkan, beda sama dia yang kita taksir. Bisa aja dia ngasih ke kita semuanya, tapi di akhir akhir dia minta semua dikembalikan. Kalau Allah kaya gitu, apa yang akan kita kembalikan? Kalau semua yang ada pada diri kita itu bukan milik kita? Tapi milik Allah. Semua yang ada dunia ini milik Allah, badan ini, hidup ini, ibu kita, ayah kita, orang-orang tercinta kita. Suatu saat akan ada waktunya Allah meminta semua itu kembali kepadanya, saat itu semua kembali. Akankah kita siap? Akankah kita sanggup? Dan, tidak lagi memikirkan “untuk apa aku di dunia ini?” Tapi “sanggupkah aku kembali ke Allah, dengan amalan yang tak akan pernah cukup menggantikan nikmat yang Ia berikan?”

“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS. Al Mukminun:115)

Leave a Reply

Instagram

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

