Sorry seems to be the hardest words

Leave a comment

May 30, 2016 by Kanin's thought

image

Assalammualaykum warahmatullah, guys…

Do you guys ever thinking about apologize first? even when you’re not the suspect, even when you’re not doing wrong?

If the answer is “yes, i do. i’ve apologize first even when im not doing wrong.” and wow! i’ve got a goosebump, respect for you guys. haha

yeah… karena meminta maaf duluan memang susah guys, apalagi dalam hal yang kita tidak salah didalamnya.

“lalu, kenapa tidak salah tapi maaf tar? ya kan ada-ada aja kamu tar.”

hehe… sorry guys, aku ingetin lagi ya~ please jangan anggep aku menggurui atau apa itu. aku cuma mau sharing dan yah siapa tau kalian leave a comment gitu kan buat aku ^^.

aku jawab pertanyaan yang temen-temen sering nanyain, “kenapa harus minta maaf padahal kan ga salah?” manusiawi sih, cuma biar lebih damai aja. masa iya sih guys, kita ga salah apa-apa tapi ada yang marah sama kita, kita ga di ajak ngobrol, ga dipeduliin, ga kaya biasanya lah pokonya. masa udah digituin kita diem aja? ya kan pertama kita tanyain dulu kan “eh emang aku salah apa sih, kok kamu berubah” nah jawaban itu kadang kaya bikin kita lebih keliatan “maaf ya” bego. kita ini manusia biasa yang ga pernah luput dari kesalahan, pake nanya salah apa segala. udahlah, kalo mau damai, bahagia bahkan panjang umur tuh dengan cara meminta maaf duluan walaupun kita ga salah, walaupun kita ga pernah tau salah kita apa? cukup kita berdamai dengan diri sendiri. itu sih selama kita emang ga ngeselin sengaja bikin salah terus lalu minta maaf lagi dan lagi ya guys, jangan jadikan kata maaf itu sebagai kata-kata nanti yang di sepelekan sama orang karena saking seringnya kita minta maaf tapi diulangi lagi.

Sebenarnya, Ego dan pandangan orang lain dalam hal meminta maaf ini selalu dikaitkan dengan hal negative. karena kita meminta maaf, mereka berpikir kitalah yang salah. Padahal, ini sangat menguntungkan kita guys. berdamai dengan diri sendiri, menjauhi permusuhan (yang jelas dibenci Allah SWT).

“yah… tar, ga enak lah mau minta maaf. dia udah terlanjur marah tar, ga enak ih”

“Orang yang paling sabar di antara kamu ialah
orang yang memaafkan kesalahan orang lain
padahal dia berkuasa untuk
membalasnya.” (Riwayat Ibnu Abiduyya dan
Baihaqi)

Ini yang sering banget kita alami, kita bukannya meminta maaf malah kita ikutan diem, ga ngajakin ngobrol, ga saling sapa. berarti, memang kita bukan penyabar, kita hanya manusia biasa yang punya batas kesabaran. benar guys, benar sekali. tapi, kalau hadist dan beberapa ayat dibawah ini,

 “Tidak halal seorang muslim menjauhi kawannya lebih dari tiga hari. Jika telah lewat waktu tiga hari itu, maka berbicaralah dengan dia dan berilah salam, jika dia telah menjawab salam, maka keduanya bersama-sama mendapat pahala, dan jika dia tidak membalasnya, maka sungguh dia kembali dengan membawa dosa, sedang orang yang memberi salam telah keluar dari dosa karena menjauhi itu.” (Riwayat Abu Daud).

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang
mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah
daripada orang-orang yang bodoh (jahil atau tidak
mengetahui)
(Surah Al- A’raf 7: Ayat 199)

Nabi Shallallahu’ala yhi wasallam bersabda,
“Tidaklah seorang itu suka memaafkan, melainkan
dia akan semakin mulia.” [HR Muslim]

“..hendaklah mereka memaafkan serta melupakan kesalahan orang-orang itu; tidakkah kamu suka supaya Allah mengampunkan dosa kamu? Dan (ingatlah) Allah Maha Pengampun lagi
Maha Mengasihani”. (QS An-Nuur [24] : 22)

“…sesiapa yang memaafkan (kejahatan orang) dan berbuat baik (kepadanya), maka pahalanya tetap dijamin oleh Allah (atas tanggungan Allah dengan diberi balasan yang sebaikbaiknya). Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang-orang yang berlaku zalim”. (QS Asy-Syura [42] : 40).

Yang ga salah aja harus meminta maaf lho, apalagi yang berbuat salah kan guys? sudahlah~ cukupin musuhannya udah banyak banget yang membuktikan bahwa meminta maaf dan memaafkan itu di haruskan lho, jangan cuma nunggu lebaran. Ya kalau kita memang diberi kesempatan, dan selagi ada kesempatan kita harus meminta maaf pada orang lain atas kesalahan yang kita sengaja maupun tidak. Dan, kesempatan kali ini aku juga minta maaf kepada kalian semua yang jelas ada salah. aku cuma manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. ah… maunya sih aku bikin note gitu lho, terus aku kirim ke kalian semua sebagai permintaan maafku. Tapi yah~ aku ga seberbakat itu guys, jadi begini saja ya..

Walaupun, meminta maaf dan memaafkan itu susah, sangat susah. Tapi, kita harus memikirkan orang lain yang telah kita sakiti juga, seberapa sakitnya dia karena perkataan atau tingkah laku kita. Lidah kita lebih kejam daripada pisau yang menancap langsung pada hati orang lain. Lihat, seberapa baiknya pengaruh kita meminta maaf dan memaafkan kesalahan. Bukan menganggap angin lalu, tapi menjadikannya pelajaran buat kedepan.

Pernah sih, aku meminta maaf lewat tulisan dan gambar gitu ke temen aku yang lagi ngambek dan aku ga tau apa masalahnya tapi dia kekeuh banget bilang aku yang salah. dan, surprisingly~ aku sama dia sekarang jadi teman baik yang kadang hal-hal tidak terduga datang dengan keegoisan kami tapi tetap aja ego kita juga pingin kita masih memaafkan dan berteman.

Sudahi disini, sudah tengah malam… next time kita lanjut lagi. inget… maaf-maafan ga perlu nunggu lebaran. love you guys~

Wassalammualaikum warahmatullah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Instagram

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: