It’s totally me.

Leave a comment

June 11, 2016 by Kanin's thought

Assalammualaykum, guys.

Apakabar? Bagaimana puasa beberapa hari ini? lancar kan? ^^

image

Lagi merenung sambil melayani chat dari temen-temen (duileh bahasanya melayani) yang Alhamdulillah aku dikelilingi teman-teman baik yang selalu ada untuk aku, ya sebenernya temen baik ini ada karena aku emang pemilih orangnya. Aku memilah-milah yang bisa aku pertahankan menjadi temanku, setidaknya memang mereka yang baik dan pengertian akan keburukanku dan menerimanya. Seengganya juga, walaupun mereka tau aku bukanlah telur yang bagus, tapi mereka menerimaku. Dan, selalu ada untukku walaupun tidak setiap saat. Bukan berarti aku orang yang baik atau punya kelebihan lain sehingga mengharuskanku untuk memilih-milih teman. Tidak juga ah. Aku masih berteman dan akan bertahan dengan mereka yang baik dan mau menerimaku, tapi tidak akan dengan mereka yang telah menyakitiku. Ga tau kenapa deh aku emang ga bisa banget temenan baik lagi sama orang yang udah pernah nyakitin aku? aku bukan tipe orang baik yang masih saja mau dan bertahan dengan mereka yang nyakitin aku.

Nyakitin gimana sih kok sampe ga bisa temenan lagi? berarti kamu udah memutuskan tali silaturahmi dong tar?

Ya karena aku manusia biasa dan sangat sensitive dengan hal-hal kecil disekitarku, membuatku merasa mudah tertekan dengan keadaan dan lingkungan sekitar. Kalau aku dapet temen yang ga pernah menghargai pertemanan kita, atau menganggap aku bukan temannya dengan kata lain dia menusukku dari belakang, menjelekkanku di depan orang lain padahal dia didepanku menjadi orang yang baik dan selalu tersenyum. Aku ucapkan selamat tinggal pada mereka dalam hati, hidupku tidak membutuhkan orang-orang seperti mereka. Masih banyak orang baik di sekitarku. Aku dibesarkan untuk tidak menjadi orang munafik, aku mengatakan tidak bila itu tidak, iya bila itu iya, baik bila itu baik dan buruk bila itu buruk. Tapi, aku juga di ajarkan untuk menghargai perasaan orang lain terlebih dulu dan mengesampingkan perasaanku sendiri. Kadang, aku merasa kasihan dengan perasaanku sendiri.

Aku terlalu keras pada diri sendiri, untuk bisa membahagiakan orang lain dan melupakan kebahagiaanku sendiri. Tidak seluruhnya sih, hanya saja aku lebih menyukai hal-hal kecil yang membuatku bahagia, jadi sedikit mudah membawaku ke jurang atau mengangkatku ke awan-awan.

Hanya dengan saling menghargai pertemanan, menyembunyikan hal yang bisa merusak persahabatan? Dulu, memang aku seperti itu. Tapi, sekarang tida lagi.

Kenapa?

Karena Teman yang baik pasti akan mempertahankan kita seburuk apapun kita, dengan penilaian mereka tentang kita yang diucapkan secara jujur tidak dibelakang kita atau mengatakannya kepada orang lain. sama halnya menyebarkan Aib kita. Berlatih untuk menjadi penengah, tidak pembuat masalah dan menjadi orang yang memberikan masukan dan penilaian untuk teman kita. Bukan cuma menjadi penonton saat teman kita melakukan kesalahan. Mereka (teman kita) akan percaya dengan kita sama seperti kita mempercayai mereka. Tidak ada saling percaya? mundurlah. Kita bukan teman, walaupun hanya “nyaman” karena berteman, tapi semua hubungan membutuhkan kepercayaan yang jauh terpatri dalam hidup kita.

Kenapa tidak mencoba menjelaskan? Dan, membuat mereka percaya?

Karena, mereka tidak akan mempercayainya sekalipun kau menjelaskan dirimu. Seperti Hadist Riwayat Ali bin Abi Thalib “Tak perlu bersikeras menjelaskan siapa dirimu, karena orang yang mencintaimu tak membutuhkan itu, dan orang yang membencimu tak akan percaya itu”

Rasanya, sangat banyak yang ingin aku jabarkan disini.  Tapi, kita sudahi dulu sampai disini. Dari awal nulis sampai ini, aku sudah berganti tempat, dari surabaya dan sekarang di Gresik.

Semoga bermanfaat, Wasaalammualaykum warahmatullah…

«

Leave a Reply

Instagram

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

